Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

Pantangan Penderita Penyakit Maag - Pada awalnya penyakit maag ini disebabkan oleh kebiasaan makan tidak teratur, kebiasaan itu bisa menyebabkan lambung mengalami iritasi. Mungkin pada awalnya hanya mengalami gejala mual saja tetapi kalau terus dibiarkan akan menjadi berbahaya jadi anda harus menjaga makanan yang anda konsumsi agar penyakit maag tersebut bisa sembuh. Sakit maag dapat kambuh tiba-tiba dan bisa memburuk dari waktu ke waktu. Adakalanya penderitanya harus mengikuti pantangan sakit maag—artinya memilah jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan. Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

 


Salain itu Sakit maag adalah penyakit pada lambung yang diakibatkan oleh peradangan selaput lambung. Penyebab maag cukup beragam, namun biasanya berkisar dari infeksi bakteri, alkoholisme, luka traumatis, dan penggunaan Pantangan Makanan Bagi Seseorang Penderita Penyakit Maag pereda rasa sakit yang berlebihan. Jika tidak diobati, maag dapat memicu timbulnya bisul di lambung dan bahkan kanker lambung.

PANTANGAN SAKIT MAAG YANG WAJIB DIHINDARI

Mari kita lihat beberapa pantangan sakit maag yang harus dihindari dan harus dikurangi jumlahnya bagi anda yang belum menderita sakit maag agar tidak terserang gangguan lambung tersebut. Berikut ini beberapa pantangan sakit maag :

1. MAKAN PEDAS

Saat anda menderita sakit maag sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak cabai karena itu akan memperparah penyakit anda. makan pedas akan membuat asam lambung semakin tinggi. Sebaiknya konsumsi makan pedas secara wajar saja jangan terlalu berlebihan agar sakit maag yang anda derita semakin parah.

Beberapa makanan pedas yang harus anda hindari mulai dari:

  • Cabai dan juga sambal.
  • Saos cabai
  • Saos tomat.
  • Saus Panas.
  • Makanan yang mengandung merica berlebih. Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

2. MAKANAN ASAM

Makan masam seperti jeruk nipis dan lemon serta beberapa makan lain patut anda hindari. Apa lagi jika anda mengkonsumsi makan masam dalam keadaan perut kosong , hal tersebut dapat berakibat fatal. Rasa nyeri yang anda rasakan bisa semakin sakit. Sebaiknya hindari makanan masam saat perut kosong dan jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Untuk penderita maag akut sebaiknya hapus makan masam dari menu anda.

Berikut ini beberapa contoh makanan asam:

  • Cuka
  • Asinan
  • Acar
  • Buah asam Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

3. DAUN SINGKONG

Daun singkong juga salah satu makanan yang wajib dihindari para penderita maag karena daun ubi mengandung serat tak larut yang terlalu tingi sehingga lambung akan kesulitan mencerna makan tersebut dan menyebabkan gangguan pada lambung. Saat lambung terganggu maka penyakit maag juga semakin kronis. Baca juga : Penyakit kulit gatal dan penangananya

4. VITAMIN C

Lambung yang sudah terganggu atau luka tidak tahan terhadap vitamin C yang terlalu tinggi. Vitamin C akan memperparah luka pada lambung anda. Sebaiknya hindari makan atau minuman yang mengandung vitamin C cukup tinggi seperti jeruk nipis dan nanas.

5. GORENGAN

Pantangan sakit maag berikutnya adalah makanan yang dimasak dengan cara digoreng karena makanan tersebut dapat memicu naiknya gas pada asam lambung. Saat maag menyerang ulu hati akan terasa nyeri dan perut akan terasa mual maka dari itu untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kurangi makan yang digoreng.

 


6. SUSU TINGGI LEMAK SERTA OLAHAN DARI SUSU TINGGI LEMAK

Mentega dan margarin adalah salah satu produk olahan susu tinggi lemak yang harus dihindai penderita maag. Selain olahannya susu tinggi lemak juga wajib dikurangi. Penderita maag sebenarnya diizinkan meminum susu tinggi lemak hanya saja boleh dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit.

7. COKELAT

Cokelat memiliki kandungan kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang tidak baik bagi lambung yang dapat menyebabkan naiknya gas pada adam lambung. Coklat jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan berakibat sakit maag. Sebaiknya bagi penderita sakit maag hindari atau kurangi mengkonsumsi cokelat agar sakit maag yang ada derita tidak semakin akut. Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

8. PRODUK HASIL FERMENTASI

Mengkonsumsi makan hasil fermentasi akan membuat gas pada asam lambung semakin tinggi, hal itu ditandai dengan sendawa yang terus menerus dan berakibat buruk pada penderita maag. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makan hasil fermentasi seperti tape dan oncom. Namun hasil fermentasi seperti tempe dan yoghurt masih bisa anda konsumsi karena aman bagi lambung dan tidak membuat penyakit maag semakin kronis.

9. BUAH-BUAHAN YANG MENGANDUNG GAS

Buah-buahan yang mengandung gas jika dikonsumsi akan menumpuk gas pada lambung dan mengakibatkan penyakit maag semakin parah. Buah memang sangat baik bagi tubuh namun ada beberapa buah yang menyebabkan naiknya gas pada asam lambung seperti nanas, nangka, durian dan rambutan. Meski beberapa buah tersebut memiliki banyak nutrisi penting namun sebaiknya bagi anda yang memiliki gangguan lambung kurangi atau stop buah-buahan tersebut.

10. MINUMAN BERSODA

Minuma bersoda terbukti sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Kandungan karbonasi pada minuman bersoda dapat memperparah sakit maag yang anda alami. Mengkonsumsi minuman bersoda akan membuat perut menjadi kembung dan begah. Minuman bersoda juga dapat menaikkan kadar asam lambung sehingga membuat penyakit maag semakin kronis dan akut. Hindari minuman tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit.

11. KOPI DAN TEH

Teh dan kopi merupakan minuman kegemaran sebagian warga indonesia. Setiap pagi biasanya sebagian orang akan memulai hari dengan mengkonsumsi secangkir teh atau kopi. Namun minuman ini sebaiknya dihindari para penderita maag karena teh dan kopi mengandung kafein yang dapat menaikkan kadar asam lambung dan menumpuk gas di lambung. Minuman yang mengandung kafein menjadi salah satu penyebab penyakit maag menjadi kambuh. Minum kopi atau teh diperbolehkan asal dalam jumlah terbatas dan jangan minum dalam keadaan perut kosong.

12. ROKOK

Rokok memang harus dihindari semua orang karena rokok dapat mengakibatkan tubuh terserang berbagai penyakit salah satunya dapat menghambat penyembuhan sakit maag. Mulailah hidup sehat dengan menjauhi rokok dan asap rokok.

13. DAGING BERLEMAK TINGGI

Daging yang memiliki lemak tinggi akan sulit dicerna sehingga kerja lambung akan semakin sulit dan menyebabkan penderita penyakit maag semakin parah. Sebaiknya kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi untuk menjaga kesehatan lambung anda.

14. KETAN

Beras ketan atau berbagai makan yang terbuat dari beras dan tepung ketan harus dihindari karena makanan tersebut akan membuat sakit maag yang anda alami semakin kronis. Apalagi jika anda memakannya dalam keadaan perut kosong itu akan sangat berbahaya. Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

15 KUE

Berikut ini beberapa kue yang sebaiknya anda hindari jika anda menderita sakit maag:

  • Kue cokelat.
  • Kue tar dengan banyak krim di dalamnya.
  • Kue keju.
  • Kue pisang

16. MAKANAN YANG MENGANDUNG ALKOHOL

Berhenti mengkonsumsi alkohol wajib hukumnya, namun ada beberapa makanan di sekitar kita yang mengandung alkohol yang juga harus kita hentikan mengkonsumsinya. Seperti:
  • Tape singkong. Tape memiliki kadar alkohol tinggi dikarenakan telah diberikan proses fermentasi.
  • Tape ketan.
  • Manisan buah.
  • Manisan sayur. Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis
Saat makanan menjadi salah satu pemicu kambuhnya sakit maag, maka penderita perlu mengetahui makanan dan minuman bagaimanakah yang aman untuk dikonsumsi. Makanan penyebab kambuhnya sakit maag kronis sangat banyak macamnya. Itulah sebabnya, penderita harus ekstra hati-hati dalam memilih makanannya. Beberapa jenis makanan dan minuman di bawah ini dapat digunakan untuk mengurangi sakit maag kronis. Baca juga : Pantangan Sakit Maag Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Makanan Untuk Maag Kronis Yang Harus di Hindari

  1. Usahakan untuk menghindari makanan yang sulit dicerna dan memperlambat pengosongan lambung. Jenis makanan tersebut akan meningkatkan peregangan pada lambung. Seperti misalnya kue tart, coklat dan keju. Penderita sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lembut dan lunak.
  2. Penderita sebaiknya menghindari makanan dan minum yang merangsang keluarnya asam lambung yang menjadi penyebab kambuhnya tukak lambung, Obat maag serta mengurangi komplikasi yang serius setelah memakannya. Di antaranya minuman yang banyak mengandung gas, oksigen, soda atau hasil fermentasi seperti softdrink, tape, brem bali, susu, anggur putih, kopi, minuman beralkoh 5-20%, susu fullcream, atau sari buah sitrus.
  3. Makanan yang memiliki karbohidrat tinggi harus dihindari, karena bisa menimbulkan rasa penuh dan cepat kenyang (begah). Teksturnya bisa secara langsung merusak dinding lambung seperti nasi keras, beras ketan, jagung, mie, bihun, ubi talas, atau singkong.
  4. Penderita sebaiknya juga mengurangi makanan yang bersantan, atau makanan berbumbu pedas, makanan yang berbahan daging tinggi lemak, makanan yang teramat manis, makanan yang digoreng dan makanan yang tinggi kadar garamnya. Gunakan garam yang mengandung sodium yang lebih rendah.
  5. Penderita sebaiknya menghindari pilihan makanan yang secara langsung merusak lambung seperti cuka dan pedas-pedas (empek-empek, rujak, asinan) serta masakan yang mengandung bumbu merica sebagai penyedap. Panas pada merica akan menstimulir produksi asam lambung yang berlebih.Seperti makanan yang sangat asam, pedas (misalnya cabai, merica) karena hal ini akan merangsang kontraksi perut dan bisa merusak dinding lambung.
  6. Penderita menghindari makanan (dan buah-buahan) yang mengandung serat tinggi atau buah yang dikeringkan. Lambung akan bekerja ekstra keras untuk menggerus buah tersebut. Hal ini akan memicu produksi berlebihan dari asam lambung. Buah-buahan yang termasuk didalamnya adalah kedondong (berserat tinggi), pisang ambon (zat yang dikandung), durian (keluar gas), nangka (keluar gas), nanas (keluar gas), rambutan (keluar gas). Sayuran yang mengandung gas adalah kol, kubis, dan sawi.
  7. Makanan yang sifatnya melemahkan klep kerongkongan bawah yang mengakibatkan cairan lambung naik ke kerongkongan (antiperistaltik) yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada mulut. Bahkan kadang bisa menyebabkan rasa mual berlebihan. Makanan yang tergolong pada jenis ini adalah alkohol, coklat, makanan berlemak tinggi, makanan goreng-gorengan.
  8. Maag bisa juga terjadi karena konsumsi obat-obatan tertentu yang menyebabkan lambung terluka. Biasanya hal ini baru disadari setelah terjadi perlukaan atau perdarahan. Sebaiknya penderita mengkonsumsi obat yang bisa menetralkan asam lambung atau menurunkan produksi asam lambung. Obat maag di pasaran sendiri akan mengurangi asam lambung dan cenderung menetralkan asam di lambung. Pemakaian obat-obatan dalam jangka panjang juga akan mengakibatan terganggunya kinerja ginjal. Alternatif lain, penderita maag kronis dapat juga mengonsumsi obat-obatan herbal.
  9. Hindari makanan atau buah-buahan yang mengandung lemak, kolesterol tinggi, berminyak, pedas, asam, vitamin C dosis tinggi, mengandung pengawet, menggandung baking soda atau pengembang serta buah-buahan instan (dalam kaleng, atau buah-buahan yang diawetkan). Selain kandungan zat penambah yang akan menggangu juga lambung akan bertambah penuh yang akan menstimulir asam lambung meningkat.
  10. Sebaliknya penderita perlu juga mengurangi pemakaian obat suplemen yang bersifat asam dan merangsang keluarnya asam lambung berlebih. Seperti buah-buahan yang mengandung Zat Besi, Vitamin C dosis tinggi, Asam Salisilat, Acetosal, Kartikosteroid, dan Obat-obatan anti rematik.
  11. Penderita mengurangi makanan yang mengandung sumber protein hewani seperti daging berlemak, ikan asin, ikan pindang. Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis

Jenis Makanan Untuk Maag Kronis Wajib di Hindari

  1. Coklat. Coklat memiliki kandungan kako, kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang berpotensi untuk menaikkan asam lambung. Obat maag Coklat juga mengandung lemak yang akan menaikkan asam lambung.
  2. Gorengan. Makanan ini berpengaruh pada lambung karena mengandung lemak tinggi. Suka gorengan akan menyebabkan heartburn yaitu rasa nyeri pada ulu hati.
  3. Produk olahan susu yang tinggi lemak. Produk yang dimaksud adalah susu, mentega yang akan meningkatkan asam lambung karena kadar lemaknya.
  4. Produk Hasil Fermentasi. Produk yang dimaksud adalah tape, oncom, yang akan menaikkan asam lambung. Kecuali tempe dan yoghurt.
  5. Buah-buahan Mengandung Gas. Buah nanas, nangka, rambutan, durian, nanas banyak mengandung gas. Gas akan menumpuk dalam lambung dan merangsang meningkatnya asam lambung.
  6. Minuman bersoda. Obat maag Bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh sudah wajib di waspadai. Jenis minuman ini akan penyebab utama gangguan pada lambung karena mengandung soda atau berkarbonisasi.Minuman berjenis ini sifatnya asam. Efek karbonisasi juga bisa membuat perut kembung sehingga kondisi akan semakin tidak nyaman.
  7. Minuman beralkohol. Minuman beralkohol (wine, bir, minuman keras, sake, brem, air nira) akan berpengaruh pada naiknya asam lambung. Minuman ini akan melemaskan saluran bawah oesophagus yang menyebabkan asam lambung naik.
  8. Kopi dan teh. Kopi dan kafein akan memicu tinginya asam dalam lambung, bahaya kopi juga sangat berbahaya bagi usus. Tanin yang dikandung dalam teh, akan menyebabkan afinitas tinggi terhadap protein. Dosis tanin berlebih akan efek membuat iritasi pada membram usus dan lambung.
  9. Gaya hidup Rokok. Efek rokok mempengaruhi kemampuan cimetidine (obat penghambat asam lambung) yang menyebabkan peradangan pada mucosa lambung. Rokok menghambat penyembuhan maag dan meningkatkan risiko kekambuhan tukak lambung.
Penderita maag kronis sebaiknya mengatur gaya hidup berpola sehat, seperti tidak bergadang, mengatur makanan sehari-hari dengan pilihan makanan sehat, pola makan yang teratur, berpantang (diet) sehat makanan tertentu, Obat maag dan menghindari stres tinggi. Stres memang bukan penyebab utama sakit maag, namun stres bisa menjadi salah satu faktor yang makin memperburuk dan menunda waktu penyembuhan.

Solusi Alternatif Mengatasi Penyakit Maag Akut Dan Kronis :

 

  Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis 10 Faktor Pantangan Maag Wajib Anda Hindari Pantangan Sakit Maag: Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Pantangan Makan Bagi Penderita Sakit Maag Kronis Jenis Makanan Pantangan Untuk Sakit Maag Akut Pantangan Makanan Bagi Penderita maag kronis 

Harga 1 Paket Obat Maag Rp. 295.000,- Belum Ongkir

Untuk konsultasi Dan Pemesanan Secara Langsung Bisa Hubungi Kontak Kami Call / Sms Dibawah ini:

Pesan sekarang juga ..!!!

0877 0522 9805 / 0821 3706 9121 / 0856 0002 6900

( Whatsapp : 0877 0522 9805 / BBM : By Request )

 


Untuk mendapatkan obat maag kami yang asli hanya ada di kantor kami atau anda bisa lakukan pemesanan ke nomor berikut ini: 0877~0522~9805 / 0821~3706~9121. Selain melakuakan pemesanan, Jika berminat agan dan sist bisa datang langsung ke kantor kami yang beralamat di Jln. Raya Pahonjean, Perumahan Cendana asri No.9 / Kec. Majenang, Kab. Cilacap, Prov. Jawa Tengah. / Kode Pos: 53257.
 
____________oOo______________

FORMAT PEMESANAN:

Kirimkan Format anda
  1. NAMA :
  2. ALAMAT LENGKAP :
  3. No TLP :
  4. Obat Yang Dipesan/Jumlah :

* Contoh

  1. NAMA : Arga
  2. ALAMAT LENGKAP : Mekarsari timur No 124 RT003 RW02 Desa. mekarsari. Kecamatan tambun selatan. Bekasi. Kode Pos. 21XXX
  3. No TLP : 082 xxxxxx
  4. Obat Yang Dipesa/Jumlah : 1 Paket Obat Maag
Konfirmasikan via sms ke nomor: Sms : 0877 0522 9805 / 0821 3706 9121 / 0856 0002 6900 BBM: (By Request ) / WHATSAPP: (0877 0522 9805)

Ongkos Kirim Sesuai Daerah:

  1. P. Jawa: Rp. 25.000
  2. Papua dan Mandura Rp 100.000
  3. Pulau lainnya: Rp. 50.000
  4. Tarif Bisa berubah Kapan Saja
Setelah Kami Berikan total harga berikut ongkos kirim sesuai daerah. Dan anda menyetujuinya dan sepakat atas harga plus ongkos kirm yang kami berikan. Dan berimanat untuk memesanan Produk kami Silahkan lakukan pembayaran ke Rekening kami,. Rekening bisa minta langsung pada admin
Setelah anda tranfer segera lakukan dan komfirmasikan agar segera pengiriman barang bisa langsung di porses hari itu juga,

TESTI PENGIRIMAN BARANG :

Klik Chat Otomatis Dengan Customer Produk Kami

 

Silahkan TinggalKan Pesan Anda Jika Respon Dari Kami lama. Karena Kemungkinan Kami Sedang Mel;ayani Pelanggan lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nanah keluar dari ujung penis disertai sakit

Salep obat Gatal kulit sekitar kemaluan mengelupas

Cara mengobati gatal bernanah di tangan